Bahasa Gaul Kaskuser

NAMA : HENDIKAM DWI W

NPM    : 13212383

KELAS  : 3EA04

TEMA  : Fenomena Penggunaan Bahasa Indonesia

JUDUL  : Bahasa Gaul Kaskuser

Bahasa dikenal sebagai alat utama dalam berkomunikasi antar- sesama bertujuan agar pesannya dapat tersampaikan dengan baik. Negara kita sendiri mengakui bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan nasional yakni bahasa persatuan antar masyarakatnya yang majemuk. Kecenderungan masyarakat terutama anak-anak muda atau pelajar menggunakan bahasa gaul yang sengaja dibuat sendiri agar gampang diingat dan disebut.

Bahasa gaul merupakan bahasa anak-anak remaja gaul yang biasa digunakan sebagai bahasa sandi. Bahasa ini mulai dikenal dan digunakan sekitar tahun 1970 yang awalnya dikenal sebagai bahasanya anak jalanan / bahasa preman karena biasanya digunakan oleh para Prokem (sebutan untuk para preman) sebagai kata sandi yang hanya dimengerti oleh kelompok mereka sendiri. Tetapi bahasa prokem tersebut semakin berkembang dan mulai dimengerti oleh kalangan diluar kelompok preman dan anak jalanan karena seringnya mereka menggunakan bahasa sandi tersebut di tempat-tempat umum.

Bahasa gaul atau bahasa prokem terus berkembang dari masa ke masa. Ada sebagian kata yang diperkenalkan sejak tahun 1970an dan hingga kini masih sering dipakai. Namun tidak sedikit kata-kata itu sudah tidak dikenal lagi dan berganti dengan istilah lain yang lebih unik dan aneh.

Kata-kata tersebut bisa berasal dari bahasa daerah yang dipelesetkan artinya selain itu terkadang ada kata-kata tertentu diganti atau diubah redaksi katanya agar terdengar unik dan lucu. Bahasa gaul saat ini memang telah menjadi fenomena dikalangan para generasi muda, bukan hanya dalam kelompok remaja kota tetapi remaja dipelosok pun telah mengenal bahasa gaul ini seakan sebuah tren masa kini yang tidak bisa dilewatkan.

Bahasa gaul yang diucapkan sehari-hari ternyata banyak juga yang berasal dari sebuah perkumpulan forum online yang biasa disebut dengan KASKUS, di dalam forum ini ada bahasa-bahasa yang sudah dibuat sedemikian agar para pengguna forum tersebut lebih akrab. Contohnya saja “Saya” didalam forum ini biasa disebut dengan “Ane”, jika ingin menyebutkan “Kamu” maka diganti dengan “Ente”. Sedangkan kata “Cendol” mengartikan bahwa tanda untuk reputasi yang baik. ada istilah yang diplesetkan juga seperti Download menjadi “Donlot” atau “DL”. Ada juga yang disingkat seperti “Gajebo” singkatan dari “Ga Jelas Bo”.

Meskipun banyak sekali bahasa gaul yang banyak terjadi dikalangan remaja zaman sekarang tetapi mereka tetap harus belajar bahasa indonesia yang baik agar tidak terbawa hingga masuk ke dunia kerja yang menuntut harus menggunakan bahasa yang formal. Selain tetap belajar, para remaja juga harus bisa memperhatikan lingkungannya agar tidak mudah terpengaruh yang buruk.

Referensi :

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2013/06/02/32617/fenomena-bahasa-gaul-di-kalangan-remaja/

http://marghy.mywapblog.com/kamus-besar-bahasa-kaskus-info.xhtml

Iklan
By hendikam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s