MANUSIA DAN BUDAYA

Manusia adalah mahluk ciptaan tuhan yang paling sempurna. Manusia memiliki akal yang membuat dia lebih sempurna dari mahluk ciptaan tuhan lainnya. Manusia juga dapat dikatakan mahluk sosial. Manusia dikatakan mahluk sosial karena manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup.

Karena manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia biasa hidup berkelompok. Karena hidup yang berkelompok itu, manusia membuat kebiasaan – kebiasaan yang sering dilakukan dikelompoknya ataupun di daerahnya., kebiasaan – kebiasaan itu terjadi karena akal atau hasil pemikiran manusia yang ada di kelompok itu. Karena sering dilakukan, kebiasaan – kebiasaan itu menjadi sebuah budaya dikelompok tersebut atau didaerah tersebut.

Budaya disetiap kelompok – kelompok itu sangat berbeda – beda karena beberapa faktor yaitu faktor Lingkungan, faktor alam, manusia itu sendiri dan berbagai faktor lainnya yang menimbulkan Keberagaman budaya tersebut.

Contohnya saja orang – orang di Indonesia, pada era ini atau biasa disebut era globalisasi ini, orang Indonesia sudah banyak berubah dalam berbudaya. Ini dikarenakan perkembangan zaman yang sangat pesat dan juga gaya yang kebarat – baratan (westernisasi) yang sudah mempopuler di orang – orang Indonesia. Budaya – budaya yang dulu ditanamkan oleh orang tua dan guru ketika masih kecil kini tinggal namanya saja tanpa ada pembuktiannya karena manusia di Indonesia sekarang sangat bersifat modern atau mengikuti zaman tanpa adanya menjaga atau melestarikan budaya – budaya tersebut. Bahkan remaja – remaja zaman sekarang bisa dikatakan tidak berbudaya, karena pergaulan mereka yang salah dan faktor – faktor lainnya.

Kesimpulannya adalah, manusia zaman sekarang sangat sedikit yang masih berbudaya, hanya segelintir orang – orang sja yang masih mau menjaga dan melestarikan budaya – budaya di Indonesia. Budaya bergotong royong saja sudah hampir hilang di Indonesia, sekarang ini jika ini apa saja harus ada imbalannya. Seharusnya manusia di Indonesia bisa menjalankan kehidupannya dengan budayanya masing – masing yang dulu terbentuk secara baik, agar bangsa Indonesia bisa maju dan bisa menjadi bangsa yang berbudaya, karena dengan berbudaya kita dapat mengetahui tata cara berkehidupan yang bermoral atau berperilaku yang baik entah dengan diri sendiri,keluarga, ,maupun  orang –orang yang ada di sekitar kita.

By hendikam

Tinggalkan komentar